Saling Belajar Untuk Kemajuan Diri

Install Telnet pada Debian Server

Di pembahasan kali ini saya akan membahas tentang cara installasi Install Telnet pada Debian Server

Pertama saya akan memberitahu pengertian Telnet
Telnet (Telnet atau TELecommunication NETwork merupakan sebuah protokol
jaringan yang digunakan di internet dan juga jaringan komputer lokal. Gunanya adalah untuk menghubungkan antara komputer Linux yang satu dengan komputer Linux lainnya.

Pada awal kemunculannya, Telnet didesain untuk memudahkan proses komunikasi yang dapat menghubungkan antara PC Client dengan Server, dimana kalian dapat melakukan berbagai perintah dari PC Client seolah-olah perintah tersebut sedang dieksekusi di computer sendiri, padahal sebenarnya seluruh perintah tersebut sedang kalian eksekusi di Server.

Proses ini biasa disebut sebagai proses remote dimana kalian dapat melakukan
apa saja seolah-olah berada di komputer sendiri.Istilah remote ini sangatlah penting di dalam dunia jaringan. Karena memang sesuai fungsinya,benar-benar memudahkan. Coba bayangkan, jika kalian sekarang sedang santai-santainya berlibur di Eropa, ternyata kalian lupa untuk mematikan Komputer kalian yang ada dirumah. Tentunya sangat tidak mungkin jika kalian harus pulang dulu bukan? Disinilah fungsi dari remote ini diperlukan. Kalian cukup mematikan saja komputer kalian dari Eropa dengan menggunakan teknik remote ini. Contoh lain lagi misalnya kalian bekerja di sebuah
perusahaan di Jakarta. Kemudian kalian diminta oleh perusahaan untuk mengkonfigurasi Webserver milik perusahaan yang ada di China. Tentunya kalian tidak mungkin jika harus bolak-balik Indonesia-China hanya untuk mengkonfigurasi Webserver tersebut. Belum lagi jika mendadak ada masalah atau apa. Untuk itulah fungsi remote server ini mutlak diperlukan.

Untuk installasi telnet anda cukup mengeksukusi perintah :

#apt-get install telnetd

Setelah terinstall anda dapat langsung menggunakannya, jika anda ingin mengubah konfigurasi default dari telnet server anda dapat mengedit file “/etc/inetd.conf”,dengan perintah #nano /etc/inetd.conf, untuk
mencoba atau mengunakan telnet ini anda dapat mengunakan windows ataupun linux dengan perintah di terminal atau cmd yaitu :#telnet (ip debian server)



  • Install Telnet pada Debian Server
  • cahyapramudita
  • Saturday, April 11, 2015
  • No comments:
 

0 comments:

Post a Comment